ABSTRAK
Yusuf, Muhammad. 2013. Peningkatan
Prestasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team
Accelereted Instruction (TAI) dengan Multimedia Animasi Flash pada Siswa Kelas
V SDN Sukun 3 Malang. PTK, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing: Dra. Sri Rahayu, M.Pd
Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif, model Team Accelereted
Instruction, prestasi belajar matematika.
Berdasarkan
hasil observasi awal di SDN Sukun 3 Malang diketahui bahwa prestasi belajar
matematika siswa kelas V masih relatif rendah. Hal ini mungkin disebabkan oleh
metode pembelajaran yang diterapkan. Metode yang selama ini diterapkan dalam
pembelajaran matematika adalah metode konvensional. Metode ini membentuk siswa
menjadi pasif dan berakibat prestasi belajarnya menjadi rendah. Salah satu
model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar
siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif model Team Accelereted Instruction (TAI).
Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V
SDN Sukun 3 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif
model Team Accelereted Instruction (TAI) dan penggunaan multimedia
animasi flash pada mata pelajaran matematika
kelas V SDN Sukun 3 Malang dan mendeskripsikan
pembelajaran kooperatif model Team
Accelereted Instruction (TAI) yang dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas V SDN Sukun 3 Malang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini
adalah data tentang keterlaksanaan pembelajaran kooperaif model TAI yang
diambil melalui lembar observasi dan prestasi belajar siswa yang diambil melaui
tes di akhir pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran
kooperatif model Team Accelereted
Instruction (TAI) dengan
multimedia animasi flash menunjukkan keberhasilan dengan kategori baik dan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Sukun 3
Malang pada materi sifat-sifat operasi hitung. Hal ini dapat ditunjukkan dari
skor rata-rata dan persentase ketuntasan belajar dari data awal, pertemuan I siklus
I, pertemuan II siklus I dan siklus II. Skor rata-rata diperoleh hasil (68,54; 88,12; 84,99 dan 81,95) dan ketuntasan belajar klasikal
adalah 59,52%; 100% dan 97,62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran kooperatif model Team Accelereted Instruction (TAI) dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Sukun 3 Malang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar