Kamis, 21 Februari 2013

Latihan Nulis Abstrak



ABSTRAK


Yusuf, Muhammad. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Accelereted Instruction (TAI) dengan Multimedia Animasi Flash pada Siswa Kelas V SDN Sukun 3 Malang. PTK, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing: Dra. Sri Rahayu, M.Pd
Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif, model Team Accelereted Instruction, prestasi belajar matematika.
Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Sukun 3 Malang diketahui bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas V masih relatif rendah. Hal ini mungkin disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan. Metode yang selama ini diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah metode konvensional. Metode ini membentuk siswa menjadi pasif dan berakibat prestasi belajarnya menjadi rendah. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif model Team Accelereted Instruction (TAI).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukun 3 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model Team Accelereted Instruction (TAI) dan penggunaan multimedia animasi flash  pada mata pelajaran matematika kelas V SDN Sukun 3 Malang dan mendeskripsikan pembelajaran kooperatif model Team Accelereted Instruction (TAI) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Sukun 3 Malang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tentang keterlaksanaan pembelajaran kooperaif model TAI yang diambil melalui lembar observasi dan prestasi belajar siswa yang diambil melaui tes di akhir pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model Team Accelereted Instruction (TAI) dengan multimedia animasi flash menunjukkan keberhasilan dengan kategori baik dan terbukti dapat meningkatkan  prestasi belajar siswa kelas V SDN Sukun 3 Malang pada materi sifat-sifat operasi hitung. Hal ini dapat ditunjukkan dari skor rata-rata dan persentase ketuntasan belajar dari data awal, pertemuan I siklus I, pertemuan II siklus I dan siklus II. Skor rata-rata diperoleh hasil (68,54; 88,12; 84,99 dan 81,95) dan ketuntasan belajar klasikal adalah 59,52%; 100% dan 97,62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Team Accelereted Instruction (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Sukun 3 Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar